Selasa, 18 Januari 2011

CARA MENGGUNAKAN MULTIMETER

Berbagi
How to Use Multimeter How to Use A Multimeter Multimeter adalah alat yang sangat bermanfaat yang akan membantu Anda untuk mengetahui apakah tegangan di sirkuit sebenarnya apa produsen mengklaim. Anda juga dapat memecahkan masalah dengan bantuan multimeter dan perbaikan sirkuit yang diperlukan untuk memiliki tegangan yang benar. Ini akan membantu untuk mengatur fungsi yang benar dari sirkuit dalam perangkat yang Anda gunakan, sehingga dalam menjaga perangkat dan membantu dalam memajukan waktu fungsionalnya. Biasanya, titik-titik uji di sebuah papan sirkuit yang ditandai dengan jelas membantu Anda untuk membandingkan nilai-nilai resistor dan tegangan dengan bacaan pada multimeter. Jika nilai sama, maka anda bisa lega karena perangkat berfungsi baik.
Tapi mari kita cari tahu cara menggunakan multimeter.
  1. Probe multimeter harus terhubung ke multimeter sambil mengamati polaritas yang benar. Ada probe multimeter dua: satu, merah dan yang lain, hitam. Hubungkan probe merah pada plug multimeter probe merah dan hitam di plug hitam. Ada jack pisang di ujung probe yang membuat mencolokkan mudah. Probe merah adalah yang positif.
  2. Atur multimeter untuk membaca resistensi atau tegangan dengan memilih fungsi yang diinginkan. Jika Anda memutuskan untuk mengukur tegangan, Anda harus memilih apakah Anda ingin mengukur AC (alternating current) tegangan atau DC (arus searah) tegangan. Diagram skematik dari rangkaian akan memberi Anda informasi yang diperlukan tentang jenis ini tegangan.
  3. Sebelum mengukur tegangan atau perlawanan, cabut perangkat yang sirkuit adalah bagian. Cobalah untuk memisahkan rangkaian tanpa menyentuh kabel atau komponen listrik. Setelah melihat ke sana bahwa Anda dapat memperoleh akses ke titik-titik pengukuran pasang di perangkat listrik dan menyalakannya. How to Use Multimeter1 How to Use A Multimeter
  4. Jika Anda mengukur tegangan, lalu sentuh titik-titik pengukuran dengan probe. Berhati-hatilah untuk melihat bahwa jari-jari Anda di permukaan plastik sehingga Anda tidak mengalami kejutan listrik. Sentuh titik uji dengan probe merah dan tanah atau sama dengan probe hitam. Jika anda ingin mengukur perlawanan, Anda dapat menghubungkan probe masing-masing ke salah satu ujung resistor.
  5. Setelah menghubungkan dengan titik uji, Anda akan dapat melihat membaca di multimeter. Ini akan memberi Anda nilai tegangan atau hambatan.
  6. Catat pengukuran ini dan beralih ke titik uji berikutnya atau resistor. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan bacaan dari semua tes poin dan resistor di papan sirkuit. Kemudian Anda bisa meletakkan papan sirkuit kembali perumahan dan mengembalikan perangkat listrik kembali ke posisi semula. Anda kemudian dapat memperbaiki sesuai jika Anda menemukan bahwa pembacaan tidak cocok dengan nilai-nilai dicetak.
Sementara untuk mengenal bagaimana menggunakan multimeter, Anda harus menjaga mangkuk yang siap di dekat perangkat yang ingin Anda pelajari, sehingga bagian-bagian yang longgar dapat disimpan di atasnya dan digunakan bila diperlukan. Berhati-hati saat menangani tegangan karena Anda dapat mengalami kejutan listrik yang buruk sebaliknya. Belajar cara menggunakan multimeter akan membantu untuk memecahkan masalah bila perangkat tidak berfungsi. Anda tidak perlu lari ke seorang mekanik terburu-buru.

By: SILO RAHMAN @muaradua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar